Translate

Tuesday, November 10, 2015

Nikmat dan segarnya Acar Bumbu Kuning

     Salah satu masakan olahan mentimun yang patut dicoba adalah acar timun matang dengan bumbu kunyit atau kuning berikut ini.
Timun dan wortel bisa dijadikan hidangan atau pelengkap masakan yang begitu mengundang selera . 
Acar Bumbu Kuning
     Selain karena manfaat sayuran tersebut untuk tubuh kita tentu sobat dapat merasakan kesegaran yang terkandung didalamnya. Rasa asam yang pas di mulut bisa membuat lidah bergoyang. Kedua sayuran tersebut dapat dijadikan masakan yang pas disantap di siang hari menjadi makanan pelengkap dengan lauk dan nasi yang sobat nikmati.
     Resep acar kuning ini merupakan resep yang sangat praktis. Anda bahkan hanya memerlukan waktu kurang dari 20 menit untuk menyiapkannya. Meskipun praktis, jangan ragukan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Wortel, buncis, dan mentimun sangat kaya akan vitamin, mineral dan serat yang bagus bagi tubuh. Diolah hanya menggunakan bumbu-bumbu, tanpa menggunakan santan, resep acar kuning sangat pas menjadi pilihan bagi anda yang menyukai gaya hidup sehat.

Resep selengkapnya adalah sebagai berikut :
(untuk 4 porsi)
Bahan Acar Bumbu Kuning:
  1. 4 buah wortel potong korek api
  2. 4 buah timun, buang bijinya, potong korek api
  3. 50 gram buncis, potong serong
  4. 3 sdm minyak untuk menumis
  5. 1 ibu jari lengkuas, memarkan
  6. 350 ml air
  7. 1 sdm gula pasir
  8. 8 buah cabe rawit merah, potong serong
  9. 10 siung bawang merah, kupas, biarkan utuh
  10. 2 sdm cuka
  11. 1 ½ sdt garam

Bumbu Acar Bumbu Kuning yang dihaluskan :
  1. 2 siung bawang putih
  2. 3 siung bawang merah
  3. 4 buah cane merah
  4. 5 butir kemiri
  5. 1 ibu jari kunyit

Cara membuat Acar Bumbu Kuning :
  1. Tumis bumbu yang dihaluskan bersama lengkuas dan jahe sampai harum dan matang, tambahkan air.
  2. Masukkan wortel, mentimun, dan buncis. Aduk sampai mendidih, tambahkan bawang merah, cabe rawit. Aduk sampai sayuran agak matang. Beri cuka, garam, dan gula. Aduk sebentar. Angkat dan sajikan. 
Catatan : 
Mengingat waktu memasaknya yang cukup singkat, acar kuning sebaiknya dimasak begitu akan disajikan sehingga kesegarannya tetap terjaga. Sayur mayur yang digunakan bisa saja dikupas semenjak sore hari, lalu disimpan dalam wadah plastik dan dimasukkan ke dalam lemari es. Untuk bumbu sebaiknya tetap disiapkan sesaat sebelum diolah agar tetap terasa segar. Acar kuning sebaiknya diolah dalam porsi habis dalam sekali konsumsi, karena jika dihangatkan kembali, kerenyahan sayuran akan hilang.